Wednesday, November 21, 2018

, , , , , , ,

Apa itu Internet ?

Internet telah menimbulkan perubahan drastis bagi dunia komputer dan komunikasi dewasa ini. Penemuan telegraf, telepon, radio, dan komputer, merupakan serangkaian tahapan pengembangan bidang komunikasi yang dalam pekembangannnya dapat terintegrasi dalam sebuah jaringan internet.

Berikut ini disajikan beberapa definisi internet, mulai dari yang paling sederhana sampai pada pengertian yang relatif lebih luas.


  1. Menurut wikipedia, internet adalah suatu jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer
  2. Menurut Berners Lee, internet adalah suatu jaringan dari beberapa jaringan
  3. Menurut Ned Snell, internet adalah sebuah koridor bagi berbgai jenis sumber daya yang ada padanya, dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui peranti yang berbeda-beda
  4. menurut internet society (ISOC), internet didefinisikan sebagai kemampuan menyampaikan informasi global yang cepat, mekanisme penyebaran informasi dan media kolaborasi dan iterksi individu dan komputer mereka tanpa melihat lokasi secara geografis
  5. Menurut media networking council (MNC), internet menunjuk pada informasi global yang secara logis dihubungakan dengan alamat yang unik secara global yang didasarkan pada internet protocol (IP), yang dapat mendukung komunikasi dengan menggunakan standar transmission control protocol / internet protcol (TCP/IP) atau IP lain yang kompatibel dan memudahkan publik dan individu melakukan akses komunikasi tingkat tinggi serta berkaitan dengan infrastruktur
  6. Menurut martin, dkk, internet adalah suatu jaringan dari berbagai jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP, dengan pintu gerbang koneksi ke banyak jaringan yang tidak menggunakan protocol TCP/IP.

Berdasarkan beberapa definisi internet tersebut, maka dapat dikemukakan beberapa poin penting tentang internet, diantaranya adalah :
  1. Internet sebagai sistem informasi dan komunikasi global
  2. Internet dipahami sebagai suatu jaringan dari berbagai jaringan komputer yang ada
  3. Internet memiliki mekanisme penyampaian informasi kepada pihak lain
  4. Internet menggunakan protocol standar, biasanya TCP/IP atau IP kompatibel
  5. Internet memiliki berbagai sumber daya yang dapat diakses melalui piranti berbeda
  6. Internet dapat diakses salah satunya dengan perangkat komputer yang dilengkapi dengan modem
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protocol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protocol ini mengatur format data yang diizinkan, penanganan kesalahan (error-handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protocol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP. Protocol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut, antara lain :
  • komunikasi murah
  • sumber informasi besar
  • tantangan baru untuk berusaha
  • keterbukaan "tanpa sensor"
  • jangkauan yang tidak terbatas

0 comments:

Post a Comment