A.
Latar
Belakang Masalah
Penggunaan
komputer pada aktivitas bisnis yang ditunjang dengan tersedianya berbagai software telah menjanjikan berbagai
transaksi bisnis dan penyediaan informasi yang mudah, efektif dan efisien.Pada
awalnya para pelaku bisnis hanya mengandalkan pemecahan masalah dengan bantuan
teknologi komputer semata.Saat ini, teknisi dan programmer menjadi andalan para
pelaku bisnis untuk menciptakan suatu sistem informasi yang mampu memecahkan
masalah-masalah bisnis tertentu. Tetapi di sisi lain, para pelaku bisnis ini
seringkali memahami kelebihan dan keterbatasan teknologi komputer sehingga pada
saat penggunaannya mereka sering mengalami kesulitan.
SMK
Muhammadiyah Ambarawa merupakan salah satu instansi pendidikan yang selalu
berusaha meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dari waktu ke waktu. Saat
ini, sistem pengelolaan administrasi siswa pada SMK Muhammadiyah Ambarawa masih
dilakukan secara manual, sehingga menyebabkan penumpukan kertas, keterbatasan
berbagi data, ketidaksamaan data dan kurangnya integritas data. Pelayanan yang
diberikan kepada orang tua murid pun menjadi tidak maksimal dikarenakan kemungkinan
dalam ketidakakuratan data.Sulitnya membuat laporan yang diperlukan perperiode
yang diinginkan, karena sistem manual tidak dapat menghasilkan secara cepat dan
akurat.Untuk itu perlu sistem informasi agar dapat memperoleh kesempatan-kesempatan
yang tidak dapat dimiliki oleh pengguna sistem manual.
Hal
ini menjadi perhatian penulis untuk mengembangkan sistem pada SMK Muhammadiyah
Ambarawa tempat dimana penulis melakukan riset yang selama ini masih
menggunakan sistem manual dan belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi
dalam melakukan segala transaksinya.Kemudian membuat rancangan sistem informasi
administrasi yang nantinya dapat digunakan dalam membantuk menyelesaikan
permasalahan administrasi keuangan khususnya dalam hal penagihan yang sifatnya
berkala juga penyediaan layanan informasi keuangan yang lebih baik kepada
pelanggan dalam hal ini adalah orang tua murid. Untuk itu penulis mengambil
judul : “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK
SEKOLAH PADA SMK MUHAMMADIYAH AMBARAWA”.
B.
Identifikasi
Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah
dikemukakan diatas, masalah dapat di identifikasi sebagai berikut :
1.
Terjadi penumpukan kertas, keterbatasan
sharing data, terjadi ketidaksamaan data dan kurangnya integritas data
2.
Sulitnya membuat laporan setiap periode
3.
Pelayanan kepada orang tua murid kurang
maksimal
C.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1. Dengan
masih menggunakan sistem manual maka akan menyebabkan penumpukan kertas,
keterbatasan berbagi data, ketidaksamaan data dan kurangnya integritas data.
2. Pelayanan
yang diberikan kepada orang tua murid tidak maksimal dikarenakan kemungkinan
dalam ketidakakuratan data.
3. Sulitnya
membuat laporan yang diperlukan perperiode yang diinginkan, sistem manual tidak
dapat menghasilkan secara cepat dan akurat.
Berdasarkan
kondisi yang ada, permasalahannya adalah :
1. Bagaimana
merancang sistem informasi administrasi yang terkomputerisasi, yang dapat
mempermudah dan mempercepat, mulai dari penagihan pembayaran SPP dan non SPP
kepada orang tua murid.
2. Bagaimana
merancang sistem informasi administrasi yang terkomputerisasi, yang dapat
mencetak laporan sesuai dengan laporan sesuai dengan kebutuhan yang berkala.
D.
Tujuan
Penelitian
1. Dapat
membantu pihak sekolah dalam memperbaiki sistem yang telah ada, dengan harapan
pengolahan data dan penyajian informasi yang selama ini dilakukan secara manual
dapat dipermudah dengan dibuatnya rancangan sistem yang terkomputerisasi.
2. Merancang
sistem informasi untuk dapat mencetak laporan yang diperlukan yang
sifatnya berkala. Seperti laporan
penerimaan dan laporan tunggakan.
E.
Manfaat
Penelitian
1. Bagi
Penulis
a. Untuk
menambah wawasan penulis
b. Untuk
dapat memahami perancangan dan pengembangan sistem informasi serta dapat
mengaplikasikannya
c. Untuk
menerapkan ilmu yang telah didapat selama kuliah di Program Studi Sistem
Informasi Perguruan Tinggi Dian Cipta Cendikia Lampung
2. Bagi
Sekolah
a. Tersedianya
sistem informasi administrasi siswa yang dapat memberikan kemudahan dalam
proses pencatatan data murid, penagihan, pembayaran, pencatatan penerimaan
sampai dengan proses pembuat laporan yang sifatnya berkala.
b. Membantu
dan meningkatkan kinerja bagian administrasi.
c. Membantu
meningkatkan layanan terhadap orang tua murid dan siswa.
F.
Kegunaan
Hasil
Dari hasil yang
penelitian yang dilakukan maka menghasilkan sebuah program aplikasi yang
nantinya dapat membantu bagian administrasi dalam melakukan pekerjaannya.
G.
Tinjauan
Pustaka
1. Fungsi
Administrasi Siswa
Ada
beberapa fungsi tata usaha sekolah yang menunjang kegiatan sekolah yaitu :
a. Pelayanan
kepada pimpinan sekolah
Dalam menjalankan
tugas, Kepala Sekolah banyak memerlukan data dan keterangan untuk berbagai
kepentingan antara lain :
ü Mengevaluasi
kegiatan siswa
ü Membina
profesi guru
ü Membantu
mengatasi kesulitan belajar siswa
ü Menjawab
pertanyaan orang tua siswa
ü Mengambil
keputusan
b. Bantuan
kepada guru
Dalam hubungan dengan
siswa, peranan guru sangat besar.Memang tugas utamanya mengajar, tapi dalam
menghadapi makhluk hidup yang mempunyai karakteristik bermacam-macam mempunyai
kesulitan tersendiri. Sehingga perlu pendekatan yang tidak sama terhadap siswa,
karena kebutuhannya berlainan. Untuk membantu guru agar dapat mengkonsentrasikan
dirinya dalam menjalani tugas-tugasnya, perlu diberi bantuan sehingga beban
tugasnya menjadi lebih ringan. Bantuan kepada guru yang dapat diberikan oleh
administrasi siswa antara lain :
ü Data
tentang siswa dan latar belakangnya
ü Data
kehadiran
ü Data
kelas
c. Pelayanan
kepada siswa
Penyediaan sarana
belajar tidak lain agar siswa dapat tumbuh dan berkembang sebagai suatu pribadi
secara keseluruhan yang lengkap melalui perubahan tingkah laku sebagai hasil
proses pembelajaran.
Untuk dapat memenuhi
kepentingan siswa, sekolah berkewajiban mengenal setiap diri anak sebagai siswa
yang menjadi asuhannya. Guru perlu mengetahui taraf kemajuan dan perkembangan
siswa dengan persis. Caranya dengan menyediakan segala macam data dan
keterangan yang objektif.Untuk melayani data dan keterangan ini diperlukan
tempat pengumpulan, penyediaan dan pengelolaan agar dapat memberikan informasi
yang objektif kepada pihak-pihak yang memerlukan. Inilah peran administrasi
siswa dalam membantu kelangsungan proses pembelajaran.
d. Menyediakan
Berbagai Keperluan bagi Kelancaran Pengajaran
Dengan menyediakan
segala keterangan yang diperlukan dalam pengajaran baik yang diperlukan oleh
guru maupun siswa, proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.Misalnya
kepada guru, tata usaha menyediakan dokumen tentang siswa, kemajuan belajar
sebelumnya, latar belakang siswa dan sebagainya. Kepada siswa tata usaha dapat
memberikan bantuan sarana belajar seperti buku paket, alat-alat dan media
belajar yang akan digunakan siswa. Selain itu yang harus disediakan adalah
fasilitas fisik material yang menunjang kelancaran proses mengajar guru dan
siswa. Dengan demikian baik guru maupun siswa dapat mengkonsentrasikan kegiatannya
kepada pelajaran.
2. Peranan
Sistem Informasi Dalam Pendidikan
Salah
satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan sistem
ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu
proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi
informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai
sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi
pendidikan serta peserta didik itu sendiri. Pada sistem informasi administrasi
siswa cakupan informasi yang dicapai antara lain : data akademik, transaksi
pembayaran, seperti : pembayaran buku pelajaran, tabungan dan biaya lain-lain. Dengan
adanya sistem informasi administrasi siswa sehingga dapat membantu pihak-pihak
yang terkait yaitu bagian administrasi untuk memudahkan dalam melakukan proses
transaksi pembayaran dan pengolahan data informasi.
H.
Metode
Penelitian
Untuk
mendapatkan data-data yang dapat menunjang skripsi ini, penulis menggunakan
beberapa metode yaitu sebagai berikut :
1.
Metode Pengumpulan Data
a. Wawancara
Penulis melakukan
serangkaian tanya jawab dan wawancara pada bagian-bagian yang berhubungan
dengan masalah yang terkait, untuk mengetahui masalah-masalah yang menjadi
kendala bagi para personil tersebut.
b. Observasi
Penulis melakukan
pengamatan langsung ke bagian administrasi dengan melihat cara kerja sistem
yang telah ada untuk memperoleh gambaran pelaksanaan sistem yang sedang
berjalan.
c. Kepustakaan
Metode ini dilakukan
dengan cara memperlajari berbagai bentuk bahan-bahan tertulis seperti buku-buku
penunjang kajian, majalah, catatan-catatan maupun referensi lain yang bersifat
tertulis yang berhubungan langsung dengan teori yang penulis susun.
2.
Metode Pengembangan Sistem
Metode pengembangan
sistem yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah dengan
menggunakan siklus hidup pengembangan sistem atau System Development Life Cycle (McLeod.2001) model iterasi dengan
pendekatan terstruktur, berbasiskan pada proses.
I.
Hipotesis
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, maka hipotesis tindakan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah “Dengan adanya komputer maka proses administrasi siswa akan lebih
efektif dan akurat dibandingkan dengan proses administrasi yang manual”.
J.
Jadwal
Penelitian
Kode Aktifitas
|
Aktifitas
|
Waktu (Hari)
|
Kegiatan Sebelumnya
|
A
|
Perencanaan
|
11
|
-
|
B
|
Analisis
|
25
|
A
|
C
|
Desain
|
28
|
B
|
D
|
Pengkodean
|
30
|
C
|
E
|
Pengujian
|
9
|
D
|
Kode
|
Aktifitas
|
Waktu (Hari)
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
|||||||||||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
|||
A
|
Perencanaan
|
11
|
||||||||||||||||||||||||||||
B
|
Analisis
|
25
|
||||||||||||||||||||||||||||
C
|
Desain
|
28
|
||||||||||||||||||||||||||||
D
|
Pengkodean
|
30
|
||||||||||||||||||||||||||||
E
|
Pengujian
|
9
|
Post a Comment